Wednesday, April 27, 2022

Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid



 

Aksi Nyata Modul 3.3Pengelolaan Program Yang Berdampk Pada Siswa

https://www.youtube.com/watch?v=0KWXTYl_YXU 

Meningkatkan Jiwa Kepemimpinan Pada Siswa Melalui Pengenalan Profesi DAMKAR di TK ABA 1 Kaliwates Jember 

1.Fact (Peristiwa)PendahuluanDalam mewujudkan pembelajaran yang berpusat pada murid, Guru harus secara sadar dan terencana membangun ekosistem yang mendukung pembelajaran murid sehingga mampu berkembang sesuai dengan kodratnya. Murid menjadi pemimpin dalam proses pembelajaran mereka sendiri maka mereka sebenarnya memiliki suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership) dalam proses pembelajaran mereka. Lewat suara, pilihan, dan kepemilikan inilah murid kemudian mengembangkan kapasitas dirinya menjadi seorang pemilik bagi proses belajarnya sendiri. Profesi merupakan pekerjaan dengan keahlian atau pengetahuan khusus terkait bidang – bidang tertentu. Pengenalan profesi sedari dini akan semakin membuka wawasan dan menjadi pengalaman berharga bagi anak-anak. Mengenalkan beragam profesi dapat dilakukan melalui pembelajaran secara langsung agar anak-anak semakin memiliki gambaran nyata terkait profesi yang diperkenalkan Kemungkinan ResikoPada saat merencanakan program, tentunnya saya perlu membuat kemungkinan resiko yang terjadi pada saat pelaksanaan program, Jadi manajemen resiko yang mungkin terjadi pada saat pelaksanaan program adalah:

Tujuan Melakukan Aksi Nyta

a)Membentuk karakter kepemimpinan pada murid, dan pemahaman tentang profesi DAMKAR

b) Menumbuhkan berfikir kritis pada murid

c)Menumbuhkan rasa kepedulian yang tinggi pada orang lain yang mengalami kebakarand) Menumbuhkan sikap,cepat dan tanggap terhadap suatau kejadiane)Menumbuhkan rasa kerjasama dengan orang lain atau tim Deskripsi singkat pelaksanaan Aksi Nyata:Yang Menjadi Mitra utama adalah DAMKAR di bahwah naungan KASATPOL PP dan berikut deskripsi Singkat Pelaksanaan Kegiatan: Kegiatan ini dimulai dengan mengkondisikan siswa - siswi di sekolah untuk berangkat bersama-sama ke Kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Jember mengendarai angkutan kota lin kuning. Setiba di lokasi kegiatan, siswa - siswi diarahkan memasuki ruangan untuk menyaksikan penjelasan dan penggambaran langsung dari petugas pemadam kebakaran. Pada sesi ini, petugas menjelaskan dan memberikan contoh mengenai apa saja yang menjadi wilayah kerja petugas pemadam kebakaran, dan mensimulasikan pemakaian alat-alat pemadam api secara langsung. Kegiatan selanjutnya siswa – siswi diajak mengendarai truk pemadam kebakaran, bersama ibu Guru dan petugas pemadam kebakaran, berkeliling di lingkungan sekitar kantor Pemadam Kebakaran Kabupaten Jember. Setelah itu secara bergantian siswa – siswi mencoba memadamkan api dengan didampingi oleh petugas pemadam kebakaran 

2.Feelings /PerasaanPerasaan selama melakukan aksi nyata alhamdulillah senang karena walaupun anak-anak masi usia dini mereka berani menyampaikan pendapatnya untuk memilih kegiatan yang mereka inginkan dan saya senang , karena saya mengangap program kekiatan ini berhasil. 

Yang menjadi ukuran keberhasilan program ini adalah, :

a)Minimnya kemungkinan resiko yang terjadi mulai dari kondisi pandemi, penolakan dari wali murid dan protes dari lembaga lain, alhamdulillah hal tersebut tidak terjadi

b)Kolaborasi dari semua panitia dengan bekerja sesuai tupoksi masing-masing yang baik

c)Dukungan penuh dari kepala sekolah dan yayasan

d) Pelayanan yang baik dari mitra yaitu Pihak DAMKAR

e)Feedback dari siswa-siswi yang sangat antusias dan ingin kembali melakukan kunjungan profesi lain selain DAMKAR 

3.Findings / PembelajaranPembelajaran yang didapatakan dalam pelaksanaan aksi nyatayaitu,

a)Muridmerupakan Aset utama atau sumber daya untuk melakukan program ini, Implementasi dari asset-based thinking adalah:

b)Melihat atau fokus pada aset kekuatan yang dimiliki

c)Membayangkan masa depan Berfikir tentang kesuksesand) Mengorganisasikan aset kekuatan dan sumber dayae)Melaksanakan rencana berdasarkan visi kekuatan yaitu menciptakan study agency 

4.Future / PenerapanRencana perbaikan di masa mendatangyaitu dengan membuat pertanyaan kunci evaluasi :1.Sejauh apa keberhasilan yang ingin di capai dari kegiatan program tersebut?2.Seberapa besar antusias murid untuk mengikuti kegiatan program tersebut?Dokumentasi Aksi Nyata 3.3Web adalah istilah yang sangat familiar di dunia modern saat ini. Internet dan web adalah dua bagian yang saling terkait. Banyak orang berasumsi bahwa internet dan web adalah bagian yang sama, dan menggunakan istilah ini secara bergantian. Namun, internet dan web adalah dua hal yang berbeda.Istilah Internet mengacu pada jaringan global server yang memungkinkan berbagi informasi yang terjadi melalui web. Web adalah bagian terbesar dari internet. Saat ini, web adalah bagian penting dalam dunia internet.Web adalah bagian dari kemudahan manusia saat ini. Hampir segala informasi saat ini dapat diakses melalui situs web. Web adalah bagian vital dari internet.Peserta Hari ini adalah Seluruh guru dan karyawan PAUD Terpadu Aisyiyah Kaliwates:

Aksi Nyata Modul 3.3 Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid Rating: 4.5 Diposkan Oleh: YULIATI NINGSIH